Aplikasi Qlue | Sosial Media Untuk Jakarta Yang Lebih Baik

Aplikasi Qlue | Sosial Media Untuk Jakarta Yang Lebih Baik - Masalah yang terjadi di ibu kota Jakarta memang sangat rumit, mulai dari kemacetan, banjir, ketidakteraturan terjadi dimana - mana, hingga tata kota yang buruk, hampir semua masalah terjadi di ibu kota Indonesia ini.

candukoding - aplikasi qlue

Perubahan pun sudah dicanangkan mulai dari beberapa generasi gubernur terdahulu yang menginginkan perubahan untuk kota Jakarta tapi tidak menemukan hasil. Banyak solusi yang dilakukan oleh gubernur Jakarta kali ini termasuk melalui aplikasi yaitu Aplikasi Qlue. Setelah diresmikannya Jakarta Smart City oleh gubernur Basuki Tjahaja Purnama, warga Jakarta kini bisa melaporkan dan memberikan aspirasi mereka lewat aplikasi Qlue ini. Aplikasi Qlue adalah sebuah aplikasi sosial media dimana warga Jakarta dapat melaporkan setiap ketidakberesan yang terjadi di sekitar pengguna dengan mengupload foto dan memberikan komentar pada foto tersebut tentang apa yang terjadi, misalkan jalan berlubang, parkir liar, sampah, kemacetan, fasilitas umum dan lain sebagainya. Hal hebat lainnya adalah semua laporan yang diupload ke aplikasi Qlue ini sebagian besar sudah ditindak lanjuti.

Aplikasi Qlue sampai saat ini sudah memiliki pengguna hingga 500.000 users dengan postingan sebanyak rata - rata 40.000 per harinya. Tidak hanya di Jakarta, diharapkan semua kota diseluruh Indonesia menerapkan sistem dengan aplikasi Qlue ini untuk menjadikan Indonesia menjadi negara yang jauh lebih baik lagi. Kekurangan aplikasi Qlue ini adalah masih tidak optimalnya update yang dilakukan pada sistem operasi IOS, tampaknya developer berfokus kepada pengguna android saja untuk saat ini, tetapi masih ada pilihan lain yaitu menggunakan website dari Qlue.

Terintegrasi dengan Jakarta smart city

Untuk penggunaan di kota Jakarta, aplikasi Qlue terintegrasi dengan Jakarta Smart City. Jadi ketika pengguna mengupload postingan pada aplikasi Qlue, laporan tersebut akan langsung masuk ke situs smartcity.jakarta.go.id dan akan tersebar ke seluruh unit kerja di sekitar lokasi. Cara ini sangat baik karena respon pasti sangat cepat untuk menangani suatu masalah yang terjadi di kota besar seperti Jakarta.

Cara menggunakan Aplikasi Qlue

Tidak hanya Aplikasi, Qlue juga memiliki website yang bisa sobat gunakan. Untuk cara menggunakan aplikasi Qlue bisa dibaca dibawah ini.

1. Silahkan terlebih dahulu sobat download Aplikasi Qlue di google playstore.


2. Setelah selesai kemudian sobat akan masuk ke halaman awal Aplikasi Qlue dan diminta untuk mendaftarkan identitas diri sobat, untuk lebih mudah saya sarankan untuk mendaftar lewat akun facebook atau google plus saja, setelah itu isikan username sobat.

candukoding - cara mendaftar aplikasi qlue

3. Setelah identitas diri kemudian sobat akan diminta untuk memilih bahasa, ada dua pilihan yaitu Indonesia dan Inggris.

candukoding - aplikasi qlue

4. Setelah itu sobat akan diajak tour aplikasi Qlue dengan tujuan sebagai panduan sobat dalam menggunakan aplikasi Qlue ini.
5. Developer aplikasi Qlue ini juga memberikan hadiah berupa gem dan juga point event kepada para pengguna, misalkan sobat posting sebanyak 150 kali akan mendapatkan 1 gem, invite 30 orang juga akan mendapatkan 1 gem. Keluhan yang sudah diselesaikan oleh pemerintah juga mendapatkan 1 gem dari Qlue.
6. Setelah selesai mengikuti Tour Aplikasi Qlue maka sobat akan masuk ke dalam beranda dan tampilannya seperti dibawah ini.

candukoding - beranda aplikasi qlue

Untuk mengupload keluhan kepada pemerintah atau instansi swasta mengenai permasalahan disekitar sobat, sobat bisa tap tombol bertanda plus (tanda tambah) dibagian bawah layar.
7. Akan ada 3 pilihan yang bisa sobat pilih yaitu lapor ke pemerintah, lapor ke swasta dan buat forum. Jika sobat memilih lapor ke pemerintah itu berarti masalah bersangkutan dengan fasilitas publik atau yang berhubungan dengan pemerintah begitu juga dengan lapor ke pihak swasta. Pada demo ini saya akan memilih lapor ke pemerintah.
8. Setelah itu sobat harus mengambil gambar sebagai bukti masalah yang ingin sobat laporkan.
9. Setelah itu sobat akan dsuruh memilih kategori masalah seperti pada gambar dibawah.

candukoding - kategori masalah pada aplikasi qlue

10. Tahap terakhir adalah sobat membuat judul dari postingan tersebut dan membuat captionnya lalu upload.

candukoding - cara menggunakan aplikasi qlue

Aplikasi Qlue ini menurut saya sangat membantu sekali untuk membangun kota - kota di Indonesia tidak hanya kota Jakarta. Masih banyak kota lainnya dengan masalah yang sama baik yang bersangkutan dengan pihak pemerintah maupun pihak swasta, semoga aplikasi ini segera diterapkan di kota - kota lainnya agar Indonesia menjadi lebih baik lagi kedepannya.
Sekian artikel mengenai aplikasi Qlue ini, semoga dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru buat sobat sekalian, terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »