Cara Mudah Membuka Pola Android Tanpa Reset

Cara Mudah Membuka Pola Android Tanpa Reset - Seiring dengan meningkatnya teknologi informasi, meningkat juga kebutuhan manusia akan data, privasi dan hal lain yang berkaitan dengan kepentingan pribadi. Menyadari hal ini pihak pengembang yang menciptakan perangkat smartphone beserta perangkat lunaknya juga mengembangkan sistem keamanan pada perangkat tersebut yang bertujuan untuk melindungi data dan privasi pemilik perangkat tersebut. Sistem keamanan pada perangkat smartphone pun kini sudah beragam macamnya, mulai dari yang jadul memakai kombinasi angka, kunci pola, pendeteksi bentuk wajah hingga yang paling mutakhir sekarang ini adalah pendeteksi sidik jari sehingga hanya orang yang sidik jarinya terekam pada perangkat tersebutlah yang dapat membuka smartphone. Walaupun begitu tidak jarang pemilik perangkat tersebut lupa dengan pola kunci android kepunyaannya sendiri, sehingga dia melakukan factory reset pada perangkatnya agar pola kunci yang sudah disimpan terhapus secara otomatis.

cara membuka pola android tanpa reset

Hal tersebut sebenarnya merugikan pemilik smartphone karena data - data yang lainnya juga secara otomatis akan ikut terhapus dan perangkat akan kembali seperti baru pertama kali dibeli. Melakukan factory reset bukanlah cara terakhir yang bisa dilakukan untuk membuka pola android, ada beberapa cara lain yang bisa sobat lakukan untuk membuka pola kunci android sobat jika sobat lupa pola kuncinya, silahkan disimak caranya dibawah ini sob.

Membuka pola android dengan aplikasi

Untuk membuka pola android yang terlupa bisa menggunakan factory reset, tetapi cara ini memiliki kelemahan yaitu seluruh data pada smartphone yang dilakukan factory reset akan terhapus secara otomatis secara keseluruhan. Cara membuka kunci hp yang lain yang sobat bisa lakukan adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga yang sudah tersedia misalkan menggunakan samsung find my mobile atau android device manager. Aplikasi yang saya sebutkan tadi bisa dibilang ampuh untuk membuka pola smartphone android.

Fitur forgot pattern

Jika android sobat masih versi 4.4 atau yang lebih dikenal dengan android kitkat dan versi terdahulunya, maka sobat masih bisa menggunakan fitur forgot pattern. Fitur ini memungkinkan sobat untuk mereset ulang pola android sobat dengan dua metode yang berbeda. Untuk membuka pola android menggunakan fitur forgot pattern sobat harus melakukan kesalahan membuka pola sebanyak 5 kali, setelah itu sistem akan memberikan waktu selama 30 detik untuk sobat bisa melakukannya lagi. Nah pada saat inilah terdapat pilihan untuk melakukan forgot pattern pada bagian bawah. Setelah sobat pilih maka sistem akan memberikan sobat dua pilihan yaitu menjawab pertanyaan keamanan atau sistem dapat memberikan sobat gambar pola langsung ke email yang sobat daftarkan pada android sobat, ingat ya sobat harus bisa membuka email yang sobat daftarkan pada android sobat.

Android Device Manger

Nah seperti yang saya sebutkan diatas, sobat bisa membuka pola smartphone android sobat dengan menggunakan Android Device Manger. Ini adalah perangkat lunak buatan Google yang memiliki banyak fungsi yang sobat bisa gunakan, misalnya melacak smartphone android yang hilang, mengunci perangkat smartphone sobat dari jarak jauh, menghapus semua data sobat dari jarak jauh dan juga mengganti pola atau kode kunci smartphone sobat. Sobat bisa membuka pola android sobat menggunakan Android Device Manager ini melalui smartphone teman sobat atau bisa juga melalui perangkat komputer. Caranya adalah dengan masuk ke layanan Android Device Manager, perlu diingat sobat harus masuk menggunakan akun Gmail yang sama dengan yang terdaftar pada smartphone Android sobat.
cara membuka kunci hp
Android Device Manger
Kemudian sobat pilih menu kunci atau hapus/enable lock & erase. Setelah itu sobat akan diminta untuk memasukkan kata sandi yang baru untuk menggantikan pola ataupun password lama pada Android sobat. Setelah selesai tunggu paling lama sekitar 5 menit dan sobat sudah bisa membuka pola Android sobat tanpa reset.

Gunakan safe mode

Jika sobat menggunakan aplikasi pengaman pihak ketiga dan lupa pola kuncinya sebenarnya ada cara yang sangat mudah dan efektif untuk mengatasinya. Sobat bisa menggunakan safe mode pada smartphone sobat. Ketika sobat aktifkan safe mode maka secara otomatis aplikasi pihak ketiga akan dinonaktifkan begitu juga dengan aplikasi lock screen sobat. Nah ketika smartphone sobat sedang pada kondisi safe mode sobat bisa langsung uninstall aplikasi tersebut dan reboot smartphone sobat, dengan begitu masalah terselesaikan.

Samsung Find My Mobile

Sobat lupa pola hp? Merk smartphone sobat Samsung? Nah cara ini bisa bekerja untuk smartphone Samsung sobat. Untuk menggunakan cara ini setidaknya sobat sudah mengatur dan mempunyai akun Samsung sob. Caranya adalah masuk ke layanan Find My Mobile
lupa pola hp
Samsung Find My Mobile
Setelah itu login ke akun Samsung sobat. Sobat akan menemukan tombol lock my screen, tap tombol tersebut dan kemudian masukkan pin sandi baru pada kolom yang tersedia. Tunggu beberapa menit dan sobat sudah bisa membuka pola sandi hp android sobat.

Nah itu tadi adalah 4 cara membuka pola android tanpa reset yang bisa sobat lakukan ketika sobat berada pada situasi seperti itu, jangan langsung di factory reset ya sobat. Jika cara diatas tidak ada yang berhasil barulah cara satu - satunya adalah melakukan factory reset. Untuk mencegah lupa pola sebaiknya sobat screenshot gambar pola atau menyimpan disuatu file kode password smartphone sobat. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa dishare ke teman - teman yang lain ya sob. Terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »